Persamaan dan Perbedaan Antropologi sosial (budaya) dengan Sosiologi

Sekilas Ilmu antropolgi atau budaya (Antropologi Sinkronik) dengan sosiologi tidak ada perbedaan yang sangat signifikan. Antropologi sosial atau budaya mengkaji tentang masyarakat dan kebudayaan untuk mencari unsur-unsur yang sama dan kebudayaan di dalam masyarakat dan kebudayaan pada umumnya, inipun merupakan suatu kajian dari sosiologi. Dengan demikian kajian yang mendasar antara kedua ilmu tersebut:
Kedua Ilmu itu masing-masing mempunyai asal mula dan sejarah yang berbeda. Perbedaan sejak awal tersebut menyebabkan penghususan pada pokok dan bahan penelitian dari kedua ilmu tersebut.
Perbedaan sejak awal tersebut menyebabkan berkembangnya metode-metode dan masalah-masalah yang khususnya pada kedua ilmu tersebut.
SSejarah Perkembangan Ilmu Sosial atau Budaya ( Antropologi Sinkronik).
       Fase pertama sebelum 1800 an ditandai dengan kedatangan orang Eropa barat di benua afrika, afrika asia dan amerika sekitar abad 15 sampai akhir abad 16, suku-suku pribumi berbagai daerah tadi mulai terpengaruh oleh negara eropa barat.Banyak tulisan, catatan, diskripsi dan para musafir, pelaut pendeta eropa barat. Berangkat dari keaneka ragaman tulisan dari para terpelajar eropa barat memiliki pandangan atau wawasan yang mengganggap bahwa selain masyarakat eropa barat dianggap bahwa manusia-manusia itu adalah keturunan Iblis atau manusia primitiv atau jadi-jadian. Keanehan keanehan itu kemudian menarik hati para kalangan terpelajar  ropa barat untuk meneliti adat istiadat serta denda-benda kebuadayaannya untuk di publikasikan kepada msarakat eropa barat. hal ini menimbulkan pemikiran para ilmuan eropa barat untuk meneliti lebih lanjut dengan mengintegrasikan bahan-bahan etnografi tersebut yang ada menjadi  satu.
           
Fase kedua sekitar pertengahan abat ke 19, perkembangan ilmu antropologi ini bersifat akademis yaitu mempelajari masyarakat primitive dengan tujuan untuk mendapatkan segala pengertian tentang tingkat tingkat kuno dalam sejarah dalam sejarah evolusi dan sejarah persebaran kebudayaan manusia di muka bumi.


Untuk lebih jauh mendalam dan lebih lengkap silahkan anda download
download[4]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan Artikel Update - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger